Tutup Tahun, JQHNU Gelar Semaan Al-Quran 30 Juz

CIREBON- Dalam rangka menguatkan kecintaan masyarakat pada Al-Quran, Jamiyyah Qurro wal Huadz Nahdlotul Ulama (JHQNU) Pengurus Cabang (PC) Kabupaten Cirebon, terus berkomitmen pada visinya meleburkan cinta Al-Quran dengan masyarakat.

Dalam refleksinya, salah satunya adalah melaksanakan semaan Al-Quran 30 juz di malam tahun baru dengan tema “Malam Tahun baru bersama Al-Quran” di masjid PCNU Kabupaten Cirebon.

Kegiatan semaan tersebut dimulai selepas Maghrib dan khatam tepat pukul 00.00 WIB, Senin (31/12) malam.

JQHNU merupakan lembaga yang menampung para hafidz.

Ketua Tanfidziyah, KH. Aziz Hakim Syaerozy mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan gebrakan pertama kali dilaksanakan di kantor PCNU Kabupatan Cirebon.

“Di luar sana memang banyak orang yang melakukan ritual perayaan pergantian tahun yang kurang bermanfaat, tapi kita coba lakukan kegiatan yang positif malam ini,” ujarnya.

Ia mengaku, saat malam pergantian tahun baru cukup ngetren diisi dengan kegiatan yang positif, seperti tabligh akbar dan shalawatan. 

“Secara total, kita tidak mungkin merubah tradisi yang mengakar, makanya sekarang kita susupi kegiatan perayaan ini dengan hal yang positif. Inilah yang namanya akulturasi budaya” ujarnya.

Senada, Ketua JQHNU KH. Ahmad Kholiq menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk membumikan Al-Quran pada masyarakat. Dalam rangkaian acara ini, menurut KH. Ahmad, dibagi dalam tiga majelis. 

“Majelis pertama membaca juz 1-10, majelis kedua membaca juz 11-20 dan majelis ketiga membaca 20-30, sehingga pembacaan alquran tepat selesai pada pukul 00.00 WIB,” ungkapnya. Hadir dalam acara tersebut Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon, Wawan Arwani.

Selepas acara ini, lanjut dia, pihaknya akan melanjutkan dengan gerakan wakaf membumikan Al-Quran. “Kita sudah koordinasikan dan kerjasama juga dengan pihak Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN),” pungkas KH. Ahmad.

Source: http://fajarnews.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami