Peringatan Hari Santri Nasional 2020 PP JQH NU

Khotmil Quran bil-ghaib oleh PP JQH NU dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2020

Sepanjang hari Sabtu, 24 Oktober 2020 kemarin PP JQH NU mengadakan khotmil Quran bil-ghaib, pembacaan Shalawat Nabi dan refleksi Hari Santri yang dilaksanakan di Gedung Kantor Pusat PP JQH NU Cirendeu – Ciputat – Tangsel hingga berakhir pukul 23.00 WIB.

Pada sambutannya, Ketua Umum PP JQH NU mengatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional 2020 harus dimaknai sebagai momentum untuk memberdayakan keberadaan kaum santri, karena kehidupan para santri pada umumnya masih tidak berdaya dalam menghadapi dominasi kehidupan oleh kalangan di luar santri, terutama dalam bidang perekonomian di negeri ini.

Sambutan Ketua Umum PP JQH NU Drs. H. Saifullah Ma’shum, SQ., M.Si

Menurut Saifullah Ma’shum, Ketua Umum JQH NU, kalau mau jujur sebetulnya kaum santri belum sepenuhnya merdeka, meskipun andil kaum santri  sangat besar dalam memerdekakan negeri ini.

“Posisi tidak berdayanya santri secara ekonomi ini dijadikan peluang oleh pihak lain yang memanfaatkan keberadaan santri sebagai komoditas atau subjek belaka, baik komoditas politik lima tahunan maupun kepentingan lain.” ujar Saifullah Ma’shum.

Karena itu Saifullah Ma’shum mengajak kepada para santri untuk tidak euphoria dalam menyambut Hari Santri dan mengisinya hanya dengan kegiatan seremonial.

Caranya?

“Kita manfaatkan kekuatan kemandirian yang selama ini selalu dilekatkan sebagai sifat dan karakter santri, untuk mengisi ruang-ruang terbuka dalam pengisian kemerdekaan, serta merebut peluang yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi santri.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami