PC JQHNU Trenggalek Gelar Khotmil Qur’an Akbar dan Naharul Qiro’ah Dalam Rangka Memperingati Hari Santri

Pogalan – Guna memperingati Hari Santri 2020, PC JQHNU (Pimpinan Cabang Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffaz Nahdlatul Ulama) Kabupaten Trenggalek menyelenggarakan Khotmil Qur’an Akbar dan Naharul Qiro’ah di PP. Al-Anwar Ngadirenggo, Pogalan, pada Ahad (1/11).

Khotmil Qur’an Akbar dihadiri tidak kurang dari seratus hafidz dan hafidzah serta qari’ dan qari’ah dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Trenggalek.

“Acara semacam ini adalah yang pertama di Trenggalek. Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses,” ungkap Ketua PC JQHNU Kabupaten Trenggalek, Ustaz Rizal Furqan Ramadhan, seusai acara.

Dituturkan Ustaz Rizal, sapaan akrabnya, adalah misi JQHNU untuk menghimpun para qari’ dan huffadz yang ada di Kabupaten Trenggalek, agar bisa berada dalam satu wadah yang berpaham Ahlus Sunnah wal Jama’ah di bawah naungan Nahdlatul Ulama.

Menurutnya, Kabupaten Trenggalek sebenarnya memiliki banyak qari’ dan huffadz keluaran pesantren salaf ala NU, yang tersebar di seluruh kecamatan. Hanya saja, sebagian besar masih belum ber-jam’iyyah dan belum begitu memahami tentang jam’iyyah Nahdlatul Ulama.

Karena itulah, dalam sambutannya, Ustaz Rizal juga menyampaikan sekilas tentang ke-NU-an kepada para peserta. Materi yang sama juga disampaikan oleh KH. Nasron, pengurus PCNU Trenggalek, dalam sambutannya.

“Khotmil Qur’an Akbar ini kita jadikan momentum untuk memperluas syiar JQHNU Trenggalek, dan sekaligus mengisi Hari Santri Tahun 2020,” pungkasnya.

Kegiatan berprotokol Covid-19 ini dimulai dengan khotmil Qur’an bil ghaib sejak pukul 07.00 WIB, dan dikhatamkan pada pukul 09.30 WIB. Acara dilanjutkan dengan Parade Qari’ dan Qari’ah se-Kabupaten Trenggalek yang dikemas dalam acara Naharul Qiro’ah sekaligus sambutan-sambutan serta tausyiah ke-NU-an dari PCNU Trenggalek. Acara berakhir pada pukul 12.30 WIB.

Hadir antara lain Rais Majelis Ilmi PC JQHNU Trenggalek, KH. Moch. Hasan Bukhori; KH. Nasron yang mewakili Ketua Tanfidziyah PCNU Trenggalek; MWC NU Pogalan yang diwakili KH. Syamsuri; serta KH. Ghufron Syamsuri, pengasuh PP. Al-Anwar.

sumber: https://nutrenggalek.or.id/jqhnu-trenggalek-gelar-khotmil-quran-akbar-dan-naharul-qiroah-dalam-rangka-memperingati-hari-santri/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami